Rezeki ini jarang disebut oleh ustaz

Rezeki bagi makhluk

Allahlah yang memberikan rezeki kepada makhluk hidup, misalnya melalui pengasuhan orang tua kepada anak, hidup berkelompok, simbiosis, indepedensi antar makhluk, dan rantai makanan.

Allah ta'ala berfirman dalam surat Al-'Ankabut ayat 60.

Allahlah yang memberi rezeki

"Dan berapa banyak makhluk bergerak yang bernyawa yang tidak dapat membawa mengurus rezekinya sendiri. Allahlah yang memberi rezeki kepadanya dan kepadamu. Dia Maha Mendengar, Maha Mengetahui."

Beragam rezeki yang hampir tidak pernah disebut oleh ustaz-ustaz

Yang kita pahami sebagai rezeki sebagaimana sering diucapkan oleh para ustaz adalah makanan dan minuman. Padahal rezeki Allah bagi makhluk bukan hanya makanan dan minuman.

Sering kita dengar dalam ceramah-ceramah, para ustaz membawakan hadis dari Umar bin Khattab.

Seandainya kalian sungguh-sungguh bertawakal kepada Allah, maka sungguh Allah akan memberi kalian rezeki sebagaimana Allah memberi rezeki kepada seekor burung yang pergi dalam keadaan lapar dan kembali dalam keadaan kenyang.

Padahal rezeki bukan hanya makan dan minum. Tetapi ia mencakup dimensi yang luas, mencakup pengasuhan orang tua kepada anak, hidup berkelompok, simbiosis, indepedensi antar makhluk, dan rantai makanan.

Simbiosis

Jarang sekali kita mendengar seorang ustaz mengatakan simbiosis adalah rezeki. Jelas karena mereka tidak belajar tentang ini. Istilah ini tidak dikenal kecuali orang yang mempelajari ilmu sains.

Apa itu simbiosis? Simbiosis adalah hubungan saling menguntungkan antar makhluk hidup. Contohnya, hubungan antara bakteri dengan manusia.

Bakteri hidup di dalam tubuh manusia dan membantu dalam menjaga kesehatan dan fungsi organ tubuh manusia. Beberapa bakteri memiliki peran yang penting dalam pencernaan makanan dan penyerapan nutrisi dari makanan, sedangkan bakteri yang lain membantu dalam melawan infeksi dan penyakit.

Salah satu contoh simbiosis bakteri dengan manusia yang terkenal adalah bakteri probiotik. Probiotik merupakan bakteri yang hidup di dalam usus manusia dan membantu dalam menjaga keseimbangan mikrobiota usus, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, serta membantu dalam pencernaan makanan. Lactobacillus adalah contoh bakteri probiotik.

Wallahu a'lam.

Itu saja dulu, poin-poin yang lain akan saya uraikan nanti, insyaallah, jadi silahkan berkunjung lagi nanti.

Oleh: Wasatiah

Ilmu adalah obat paling manjur untuk menyembuhkan kebodohan. Dan tiap-tiap mereka akan datang kepada Allah pada hari kiamat dengan sendiri-sendiri.

Posting Komentar

Posting Komentar