Manusia Terbaik, Siapakah Mereka? Ini 10 Kriterianya

Siapakah manusia terbaik? Setiap orang punya kriterianya sendiri. Oleh karena itu, sulit untuk sepakat menunjuk siapa manusia terbaik itu. Alhamdulillah, orang Islam punya kriteria untuk menentukan siapakah mereka yang tebaik itu. Kriteria-kriteria ini telah dikabarkan oleh manusia terbaik nan mulia Muhammad Rasulullah (S).

kriteria manusia terbaik

Pertama, orang terbaik adalah mereka yang paling banyak memberi manfaat kepada manusia lainnya. Beliau bersabda: "Sebaik-baik manusia adalah orang yang paling banyak manfaat kepada orang lain." (Shahih al-Jami').

Semakin banyak manfaat yang bisa kita berikan kepada orang lain, yang dekat maupun yang jauh, bermakna semakin baik pula kedudukan kita di sisi Allah Subhanahu wa ta‘ala, begitu juga di sisi manusia.

Kedua, orang yang paling bisa diharap kebaikannya. Rasulullah bersabda, "Sebaik-baik kalian adalah orang yang paling dapat diharapkan kebaikan dan aman dari keburukannya." (Riwayat Tirmidzi)

Ketiga, orang yang paling baik akhlaknya. Berikut sabda Rasulullah (S).

حَدَّثَنَا عَبْدَانُ عَنْ أَبِي حَمْزَةَ عَنْ الْأَعْمَشِ عَنْ أَبِي وَائِلٍ عَنْ مَسْرُوقٍ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَمْرٍو رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا قَالَ لَمْ يَكُنْ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَاحِشًا وَلَا مُتَفَحِّشًا وَكَانَ يَقُولُ إِنَّ مِنْ خِيَارِكُمْ أَحْسَنَكُمْ أَخْلَاقًا

Telah bercerita kepada kami 'Abdan dari Abu Hamzah dari Al A'masy dari Abu Wa'il dari Masruq dari 'Abdullah bin "Amru radliallahu 'anhu berkata; "Nabi shallallahu 'alaihi wasallam tidak pernah sekalipun berbicara kotor (keji) dan juga tidak pernah berbuat keji dan beliau bersabda: "Sesungguhnya di antara orang yang terbaik dari kalian adalah orang yang paling baik akhlaknya'. (Riwayat Bukhari, hadits no. 3295)

Keempat, orang yang paling baik dalam keluarganya. Rasulullah bersabda, "Sebaik-baik kalian adalah orang yang paling baik terhadap ahli keluarganya." (Riwayat Ibnu Hibban)

Kelima, orang yang panjang umur dan baik amal perbuatannya. Rasulullah bersabda, "Sebaik-baik manusia adalah orang yang paling panjang umurnya dan baik amal perbuatannya." (Shahih al-Jami')

Keenam, orang yang belajar dan mebgajarkan Al-Qur'an. Rasulullah (S) bersabda, "Sebaik-baik kalian adalah orang yang mempelajari al-Qur'an dan mengajarkannya." (Riwayat Bukhari)

Ketujuh, orang yang gemar memberi makan. Rasulullah (S) bersabda, "Sebaik-baik kalian adalah orang yang gemar memberi makan (kepada orang lain) dan menjawab salam." (Shahih al-Jami')

Kedelapan, orang  yang berbuat baik terhadap sahabat dan tetangganya. Rasulullah (S) bersabda, "Sebaik-baik sahabat di sisi Allah adalah orang yang paling baik terhadap sahabatnya. Sebaik-baik tetangga adalah orang yang paling baik terhadap tetangganya." (Shahih Adad Mufrad)

Kesembilan, orang yang memiliki hati yang bersih. Rasulullah (S), "Sebaik-baik orang adalah orang yang memiliki hati yang makhmum dan lisan yang jujur. Para sahabat bertanya, lisan yang jujur, kami paham, maka apa yang dimaksud hati yang makhmum? Rasululullah (S) bersabda "Orang yang memiliki hati bersih dan bertaqwa, tidak ada dosa, tidak berbuat zalim, serta tidak ada kebencian yang hasad." (Shahih al-Jami')

Kesepuluh, orang yang cepat membayar hutang. Rasulullah (S) bersabda, "Sebaik-baik kalian adalah orang yang paling baik dalam membayar hutang." (Riwayat Bukhari)

Oleh: Wasatiah

Ilmu adalah obat paling manjur untuk menyembuhkan kebodohan. Dan tiap-tiap mereka akan datang kepada Allah pada hari kiamat dengan sendiri-sendiri.

Posting Komentar

Posting Komentar